Kamis, 06 Januari 2011

Asal Usul Nama Bulan Pada Tahun Masehi

Januari
Dari nama dewa bangsa Roma yang berwajah dua, Janus. Satu menghadap depan dan satunya menghadap belakang, sebagai pelambang tatapan masa lalu dan pandangan masa datang. Janus menjadi Januari, yang dijadikan bulan perenung antara tahun lalu dan tahun baru.

Februari
Dari kata latian Februa, isitilah pesta penyucian yang diselenggarkan tiap 15 FEbruari oleh bangsa Romawi Kuno.

Maret
Dari nama Dewa PErang bangsa Romawi Kuno, yaitu Mars, yang terkenal karena keberaniannya.

April 
Dari bahasa Yunani, Aperire yang berarti membuka. Orang Yunani menyebut musim semi yang dimulai bulan April dengan istilah 'pembukaan'.

 Mei
Berasal dari istilah Maia Majesta, yaitu Dewa Musim Semi.


Juni
Berasal dari Juno, nama Dewi Feminin yang melambangkan harkat kewanitaan yang membawa kebahagian keluarga. Dikarenakan itu, orang Eropa lenih memilih menikah pada bulan Juni yang akan membawa kebahagian.

Juli
Awalnya bernama Quintilis dan diurutan lima. Setelah Mark Anthony menguasai Roma, nama bulan diganti menjadi Juli yang diambil dari nama Julius Caesar.

Agustus
Berasal dari nama kaisar Romawi, Agustus. Demi kekuasaannya, ia mengubah jumlah haripada bulannya dan mengurangi jumlah hari bulan Februari.


September
Berasal dari kata Septa, bahasa Latin yang berarti tujuh yang sesuai urutannya. ( Pada abad kedelapan SM, 1 tahun Masehi baru berjumlah 12 bulan yang sebelumnya berjumlah 10 bulan.)

Oktober
Dari bahasa Latin, Okto. Okto berarti delapan sesuai dengan urutannya awalnya.( Pada abad kedelapan SM, 1 tahun Masehi baru berjumlah 12 bulan yang sebelumnya berjumlah 10 bulan.)


November
Dari bahasa Latin, Novem yang berarti sembilan.( Pada abad kedelapan SM, 1 tahun Masehi baru berjumlah 12 bulan yang sebelumnya berjumlah 10 bulan.)

Desember
Dari bahasa Latin, Decem yang berarti kesepuluh.( Pada abad kedelapan SM, 1 tahun Masehi baru berjumlah 12 bulan yang sebelumnya berjumlah 10 bulan.)

Semoga bermanfaat 
Resource :   Blog Seseorang Bernama Febio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini